RSS Feed

Pendapat tentang kemakmuran perekonomian suatu negara

Posted on

Setiap negara menginkan kehidupan dalam negara itu sejahtera dan makmur tidak mengalami kesulitan yang berarti bagi negara tersebut sehingga negara tersebut dapat  menjalankan kehidupan negaranya dengan baik, dalam hal ini Indonesia yang termasuk negara berkembang ingin meningkatkan tingkat kesejahteraan dan kemakmuran hidup masyarakat Indonesia,sehingga rakyat Indonesia dapat menjalani hidupnya dengan lebih baik, untuk menghitung tingkat kesejahteraan dan kemakmuran perekonomian suatu negara ada beberapa indicator, yaitu melalui metode pendapatan nasional dan pendapatan per kapita .

Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam suatu periode biasanya dalam satu tahun. Salah satu indikator telah terjadinya alokasi yang efisien secara makro adalah nilai output nasional yang dihasilkan oleh sebuah perekonomian suatu negara dalam periode tertentu. Besarnya output nasional dapat menunjukkan beberapa hal penting dalam sebuah perekonomian. Selain itu pendapatan nasional juga sebagai tolak ukur menilai kondisi perekonomian suatu negara

Pendapatan perkapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara. Pendapatan perkapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduk negara tersebut. Pendapatan perkapita juga merefleksikan PDB per kapita

Pendapatan perkapita sering digunakan sebagai tolak ukur kemakmuran dan tingkat pembangunan sebuah negara semakin besar pendapatan perkapitanya, semakin makmur negara tersebut.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa tingkat kesejahteraan dan tingkat kemakmuran suatu negara bisa dilihat dari pendapatan selama satu periode dan juga bisa dilihat dari pendapatan rata-rata penduduk  di suatu negara tersebut.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: